August 3, 2021

Tuntas Sebelum Waktunya, Sasaran TMMD Nunukan Bisa Digunakan

AKURATNEWS – Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi salah satu kunci suksesnya pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

“Beberapa sasaran tambahan pada kegiatan TMMD ini juga sudah bisa digunakan dan dirasakan langsung manfaatnya oleh warga RT 11 Desa Binusan Dalam, ” kata Perwira Seksi Teritorial, Lettu Inf Muhajir, Minggu (4/7).

Lettu Muhajir menjelaskan, sejumlah target yang bisa diselesaikan sebelum waktunya dinilai karena adanya kegiatan Pra-TMMD sebelumnya.

“Dengan adanya Pra TMMD, membuat kinerja semakin efektif. Belum lagi yang sangat kita khawatirkan adalah kondisi suaca yang tidak menentu apabila tidak diantisipasi, maka akan menghambat kerja kita dalam menuntaskan sasaran pada pelaksanaan TMMD kali ini, ” ucap Lettu Muhajir.

Untuk diketahui, Desa Binusan Dalam merupakan desa persiapan yang akan segera didefinitifkan menjadi Desa baru, pecahan dari Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kaltara ini memiliki 7 RT yang dihuni 1. 834 jiwa dan 476 Kepala Keluarga (KK). Sementara di RT 11 Desa Binusan Dalam terdapat 300 jiwa yang tinggal.

Dalam Program TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1. 850 Meter x 6 Meter, pembangunan 4 buah plat duiker dengan ukuran 1, 5 Meter x 6 Meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab lima unit RTLH (Rumah Tidak Layak Huni).

Untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /Aids), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid-19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu.