October 22, 2021

Tadbir PTPN IV Tingkatkan Partisipasi Pegawai Pada Pilkada 2020

Tadbir PTPN IV Tingkatkan Partisipasi Pegawai Pada Pilkada 2020

Medan, Akuratnews. com – Keberadaan karyawan perusahaan tercatat karyawan PTPN IV pada ajang pemilihan kepala daerah sudah menjadi sorotan dari berbagai pihak, karena karyawan di setiap perusahaan juga dapat menentukan pilihan masing-masing bagi pasangan calon pada penyelenggaraan pilkada serentak tahun ini.

Demikian disebutkan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, di Kantor Pengurus PTPN IV Jl. Letjen Suprapto No. 2 Medan pada Selasa (8/12/2020), ketika menanggapi peran dan manajemen perusahaan pada ajang Pilkada serentak tahun ini.

Komitmen manajemen PTPN IV untuk meningkatkan tingkat partisipasi karyawan di pelaksanaan pilkada serentak Desember 2020, sudah dituangkan dalam bentuk Tulisan Edaran (SE) Nomor 04. 07/ SE/ 89/ XI/2020, sebut Eksekutif PTPN IV Sucipto Prayitno.

Di dalam SE tadbir menyebutkan bahwa (1) Pada 9 Desember 2020 adalah Hari Libur Nasional dalam rangka Pilkada 2020, (2) Selama hari libur Pilkada 2020 agar seluruh Bagian Biro Direksi/ Distrik/ Kebun/ Pabrik/ Balai Benih/ PMT mengatur piket masing-masing sekaligus menjaga keamanan, terutama ditempat strategis dan aset vital, sehingga tidak terjadi hal yang tak diinginkan, (3) Kepada Kepala Periode, General Manajer Distrik, Manajer agar mengimbau dan mengizinkan karyawan untuk menggunakan hak pilihnya di daerah pemilihan masing-masing, dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Manajemen PTPN IV juga mewujudkan internalisasi tata ukuran AKHLAK untuk value Loyal yaitu berdedikasi untuk kepentingan bangsa serta negara dengan menyelenggarakan tema “Kompetisi Foto Mengikuti Pilkada 2020” untuk karyawannya.

Sudah menjelma perhatian manajemen PTPN IV, melalaikan kegiatan kompetisi foto agar kontribusi karyawan meningkat pada pilkada tersebut, yang jumlah karyawan saat tersebut hampir 20. 000 orang belum termasuk batihnya, tersebar di 10 kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Utara.

“Berbagai cara manajemen PTPN IV untuk memajukan angka partisipasi pada pilkada tarikh ini dengan meliburkan karyawan berfungsi yang memiliki hak pilih & melaksanakan kompetisi foto pada era hari H”, kata Sucipto Prayitno.

Keberadaan karyawan sebagai pilar demokrasi tidak bisa dipandang sebelah mata. Untuk itu karyawan perlu semakin cerdas memilih & memilah pasangan calon pada Pilkada. “Di sini lah peran penting manajemen dibutuhkan untuk membantu negeri dalam menumbuhkembangkan proses demokrasi”, ucap Sucipto.

Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim menambahkan, selama keluarga besar PTPN IV tetap melaksanakan hak pilihnya, maka dipastikan tidak ada urusan dalam menjalankan perannya sebagai dasar demokrasi.

Pilkada sewaktu 2020 merupakan yang ke-4 kalinya diselenggarakan di Indonesia, yang mau digelar di 270 wilayah, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Tahapan kampanye digelar selama 71 hari (26 September – 5 Desember 2020), dan pelaksanaan pilkada serentak 2020 dikerjakan pada 9 Desember 2020.

Dari 23 kabupaten/ tanah air yang menggelar pilkada serentak dalam Provinsi Sumatera Utara, ada 7 di wilayah operasional PTPN IV, yaitu Kota Medan, Kabupaten (Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Labuhan Kotor, Labuhan Batu Utara, Mandailing Natal).