August 3, 2021

Rusun Nagrak Siap Jadi Wadah Isolasi Pasien Covid-19

AKURATNEWS – Rusun Nagrak, Cilincing segera menjadi tempat isolasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 usai Wisma Olahragawan Kemayoran, Jakarta penuh mematok mengakibatkan penumpukan pasien.

“Untuk alternatif berikutnya jadi pemecahan konsentrasi pasien, mulai hari ini lalu mudah-mudahan sudah saya arahkan juga dari puskesmas-puskesmas untuk ke Rusun Nagrak yang ada di Cilincing. Itu Kemarin sore sesuai order dari Kepala BNPB sebagai kasatgas minta dibuka sungguh sudah dibuka kemarin, ” kata Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol M Arifin di Jakarta, Selasa (22/6).

Arifin menjelaskan, pukesmas dari kira-kira kecamatan sedang gencar melayani testing untuk mencari pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Karena itu, sejak kemarin sore Rusun Nagrak sudah mulai beroperasi guna menampung pasien yang dirujuk dibanding sejumlah puskesmas.

“Teman-teman dari puskesmas sedang banyak lapor yang melakukan testing. Positivity rate sedang tinggi 56 persen. oleh sebab itu yang keadaan di lapangan, ” ujar Arifin.

Arifin melanjutkan, Rusun Nagrak dikhususkan untuk menampung pasien Covid-19 secara kategori orang tanpa gejala (OTG) dan pasien Covid-19 dengan gejala ringan tanpa komorbid.

“Jadi pasien ringan bisa dikirim ke Rusun Nagrak Clincing untuk memecah konsentrasi anak obat yang masuk RSD Rumah Atlet Kemayoran, ” terangnya.

Di Rusun Nagrak nantinya disiapkan 4 tower untuk mengobati pasien positif Covid-19. Sementara tower ke-5 disediakan untuk gaya kesehatan dan hospitality.

“Jadi satu tower kalau satu unit ukuran 36 m2 itu mampu empat velbed di sana, ya satu tower mampu tampung seribuan lah. 4 tower ini mudah-mudahan bisa tampung 4. 000. Zaman ini siap baru tower satu, ” jelasnya.