November 27, 2021

Over Kapasitas, Era Wiharto: Lapas Status II A Rantauprapat Tetap Menerima Tahanan

Labuhanbatu, Akuratnews. com – Over kapasitas masih menjadi persoalan dalam berbagai lembaga permasyarakatan (Lapas). Jawab menemukan solusi, antar lembaga adat Labuhanbatu menggelar Rapat Koordinasi dalam Polres Labuhanbatu. Kamis (23/7/2020).

Rakor yang dihadiri Penyidik, Penuntut Umum, Pengadilan, Lapas dan Sat Tahti Polres Labuhanbatu membahas terkait over kapasitas dan beban makan tahanan titipan Jaksa pada RTP Polres Labuhanbatu dan rentetan.

Dalam pertemuan itu Kalapas Kelas IIA Rantauprapat, Era Wiharto, Bc. IP, SH mengantarkan Lapas tetap melaksanakan penerimaan tersangka yang sudah berkekuatan hukum tetap (Inkrah) serta tahanan yang berkedudukan sebagai tahanan Pengadilan Negeri (A III).

Penerimaan itu dilaksanakan dengan memperhatikan Protokol Kesehatan tubuh sesuai dengan surat edaran nomor: PAS-PK. 01. 01. 01-679 tanggal 20 Mei 2020 tentang Pengakuan Tahanan yang telah berkekuatan Adat (Inkrah)

“Serta Tulisan Edaran Nomor PAS-PK. 01. 01. 01-750 Tanggal 16 Juni 2020 tentang Penerimaan Tahanan Pengadilan (Tahanan A3), ” kata Wiharto.

Wiharto juga menyampaikan bakal terus berkoordinasi terkait tanggung berat pemberian makan pada tahanan A2 dan A3 yang berada pada luar Lapas.

Dengan mekanisme, sambung Wiharto, pihak penghalang harus terlebih dahulu menyerahkan susunan penahanan P21 Kepada Lapas.

Wiharto mengungkapkan, hal tersebut merujuk Surat Edaran Nomor PAS-PK. 01. 01. 01-511. Tanggal 02 April 2020 tentang Registrasi & Pemberian Makan Tahanan A2 di luar Rutan/Lapas/LPKA.

Rapat koordinasi tersebut dihadiri Kalapas Era Wiharto, Bc. IP, SH, Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat diwakili Waka Polres Muhammad Taufik SE, MH, Kajari Labuhanbatu diwakili Kasi Pidum Bani Immanuel Ginting SH, Ketua PN Labuhanbatu Teuku Almadyan, SH MH dan 14 Kapolsek jajaran.