September 21, 2021

Negeri IMIP Disebut Salah Satu Urat Nadi Perekonomian Indonesia

Negeri IMIP Disebut Salah Satu Urat Nadi Perekonomian Indonesia

Morowali, Akuratnews. com – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIII Merdeka, Mayor Jenderal Santos Gunawan Matondang mengatakan kalau kawasan industri PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) saat tersebut telah menjadi salah satu jalur nadi perekonomian di Indonesia. Sebab karena itu, sudah seharusnya daerah PT IMIP termasuk wilayah pada sekitarnya mendapat perhatian lebih khususnya dari sisi keamanan.

“Kawasan ini mempekerjakan puluhan seperseribu karyawan Indonesia. Selain itu, juga sudah menyumbang pajak ke negara yang nilainya mencapai triliunan rupiah, juga membantu pertumbuhan ekonomi umum di sekitar kawasan bahkan datang di luar Kabupaten Morowali, ” kata Pangdam XIII Merdeka, Mayor Jenderal Santos Gunawan Matondang era melakukan kunjungan kerja perdana pada kawasan PT IMIP, Selasa (1/12).

Dalam kunjungan kerja tersebut, turut serta Ketua Persit Kodam XIII Merdeka, Eva Nathalie Lumban Gaol, Asisten Logistik Kolonel CZI Ahmad Yussa, Komandan Kodim 1413 Morowali Letkol Inf Raden Yoga Rahardja dan sejumlah staf.

Dalam kunjungan dengan hanya berlangsung selama kurang bertambah tiga jam itu, Pangdam Utama Jenderal Santos Gunawan Matondang mengucapkan, pihaknya sangat respek dengan keberadaan PT IMIP. Meski sangat melakoni dengan kondisi di tengah pandemi covid-19, dirinya mengharapkan PT IMIP untuk terus meningkatkan sumbangsihnya pada Negara dan bangsa.

“Bukan hanya pembayaran pajak semata tetapi dengan semakin banyaknya anak bangsa yang bisa bekerja pada sini, itu sudah merupakan infak yang sangat besar bagi negeri kita di tengah guncangan resesi akibat pandemic covid-19 ini, ” katanya.

Secara istimewa, Pangdam XIII Merdeka meminta kepada jajaran di bawahnya khususnya dengan berada di Kabupaten Morowali, buat membantu PT IMIP khususnya dibanding sisi keamanan agar seluruh operasional dan proses produksi dapat berjalan lancer.

Sementara itu, Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian lantaran pihak TNI khususnya Kodam XIII Merdeka. Menurutnya, kawasan PT IMIP akan berupaya untuk terus bersinergi dengan aparat TNI/Polri demi terciptanya iklim investasi yang baik & kondusif.

“Terkait operasional kawasan IMIP, sinergitas kami dengan pihak TNI dan Polri sudah berlangsung dengan sangat baik. Ana tentunya mengharapkan sinergitas itu hendak bisa terus ditingkatkan di masa-masa yang akan datang, ” prawacana Irsan Widjaja.

Usai berdialog dan melakukan kunjungan ke sejumlah area pabrik di zona kawasan PT IMIP, tepat memukul 14. 00, Pangdam XIII Mandiri, Mayor Jenderal Santos Gunawan Matondang kembali ke Bungku untuk memasukkan kegiatan internal TNI.