October 22, 2021

Merangkum Tiga Mahasiswa dari Publik SAD, Ini Pesan Gajah Nadiem

Sarolangun, Akuratnews. com-  Kegembiraan terpancar pada ketiga anak bujang dari komunitas Suku Bani Dalam (SAD). Ketiganya mendapat kesempatan berfoto bersama, dirangkul secara hangat serta berbincang langsung dengan Menteri Pelajaran, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim di Kecamatan Tirta Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi, pada Selasa (21/9) malam.

Dalam jalan itu Nadiem mengapresiasi Bejujung, Besiar, dan Fauzan, dengan telah menempuh pendidikan agung. Bejujung dan Besiar era ini menimba pendidikan dalam program Diploma 3 Universitas Jambi, sedangkan Fauzan berkuliah program Diploma 4 pada Polbangtan Bogor. Ketiga awak SAD ini berkuliah sesudah mendapat bantuan beasiswa penuh dari pihak swasta, PT Sari Aditya Loka (SAL).

“Saya bangga dan senang melihat mereka, saya menyarankan anak-anak dengan kuliah di UNJA dengan mendapat beasiswa dari PT SAL ini bisa langsung sampai S1, ” introduksi Nadiem saat berbincang secara perwakilan warga SAD.

Nadiem juga memberikan pesan kepada Tumenggung Nggrip dan Njalo — dua tokoh warga dari SAD di Air Hitam yang anaknya diberikan beasiswa sebab PT SAL. “Selamat ya, Pak, ” kata Mendikbud Ristek sambil mengingatkan bahwa tugas sebagai mahasiswa itu agak berat karena harus bisa bercerita dan menginspirasi generasi berikutnya.

Pada kesempatan berkunjung ke wilayah Air Hitam itu, Babinsa sekaligus pendamping SAD Air Hitam, Husni Thamrin, merespons kehadiran pejabat agung negara ke wilayahnya. Husni yang menjadi pendamping untuk ketiga mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa program pendidikan tersebut merupakan bagian program kegiatan dari Forum Kemitraan dengan melibatkan sejumlah stakeholders, tiba dari pemeritah pusat, pemda, pihak swasta, LSM, akademisi, tokoh masyrakat hingga tokoh SAD.

“Kehadiran Pak Menteri ini tentunya akan semakin memperkuat wadah kemitraan terhadap warga SAD, ” ujarnya.

Bejujung juga merasa sangat bangga bisa berinteraksi dengan akrab dengan menteri. Pelukan yang dilakukan menteri pada ketiga warga SAD ini, kata dia, telah menyampaikan motivasi untuk belajar lebih bersungguh sungguh lagi.

“Harapannya semoga pendidikan di negeri ini khususnya di Suku Anak Di dalam (SAD) semakin berkembang. Tanggapan pak menteri telah memproduksi kami sangat bangga & senang. Iya pak gajah juga menyarankan kami biar lanjut sampai S1, ” kata Bejujung.