May 13, 2021

Mengapa China Ingin Membangun Fasilitas Penyediaan Militer di Indonesia?

Mengapa China Ingin Membangun Fasilitas Penyediaan Militer di Indonesia?

Jakarta, Akuratnews. com – Akhir-akhir ini, seri kartun buatan Nickelodeon yang berjudul Avatar: The Last Airbender (2005-2008) balik ramai dibicarakan. Pasalnya, franchise kartun tersebut mulai tayang kembali pada salah satu layanan streaming daring dengan populer.

Saking ramainya, seri kartun tersebut menjadi lupa satu seri yang paling penuh ditonton di layanan streaming itu. Meme terkait seri ini pula kembali bertebaran di dunia maya.

Bila diperhatikan kisahnya, Avatar: The Last Airbender (2005-2008) ini menceritakan adanya satu negara besar yang menyerang negara-negara yang lain. Negara itu adalah Negara Obor.

Saking kuatnya, Negara Api ini memiliki banyak pasukan dan persenjataan di berbagai provinsi, termasuk di negara lain. Makin, armada lautnya merupakan salah mulia yang terbaik di dunia tersebut.

Kekuatan militer Negeri Api yang besar ini disebut-sebut sebagai upaya proyeksi kekuatan kepada negara-negara lain. Selain itu, negeri2 lain mulai berjatuhan ke lengah negara yang dipimpin oleh Ozai tersebut.

Di dunia nyata, kekhawatiran akan adanya prediksi kekuatan militer semacam ini sewajarnya juga mulai timbul. Beberapa waktu lalu, Departemen Pertahanan Amerika Konsorsium (AS) menyerahkan sebuah laporan menerjang militer dan strategi Republik Anak buah Tiongkok (RRT).

Pada laporan itu, disebutkan bahwa Tiongkok yang kini dipimpin oleh Pemimpin Xi Jinping tengah berupaya meningkatkan proyeksi kekuatannya. Seperti Negara Obor, negara Tirai Bambu tersebut dinilai ingin menyebarkan kekuatan militernya pada wilayah negara-negara lain.

Kabarnya, keinginan itu akan dilakukan dengan membangun fasilitas militer pemasokan di berbagai negara lain, khususnya negara-negara yang wilayahnya berada di sekitar Samudra Hindia. Tidak berkelakar, ketakutan juga ditunjukkan oleh AS.

Laporan itu menyebutkan bahwa tingkat proyeksi kekuatan Tiongkok tersebut – bila benar – dapat melampaui proyeksi kekuatan AS. Bahkan, dalam beberapa situasi, bisa menjadi lebih kuat dibandingkan negeri Paman Sam yang kini dipimpin oleh Presiden Donald Trump.

Uniknya, satu diantara negara yang menjadi tujuan pembangunan kekuatan militer Tiongkok tersebut adalah Indonesia. Diperhitungkannya Indonesia ini tentu memunculkan perkara strategis mengenai apa yang diinginkan oleh Tiongkok.

Kemudian 1 2 3 4