May 13, 2021

Besok, Kepastian PSBB Total Jakarta Diumumkan

Besok, Kepastian PSBB Total Jakarta Diumumkan

Jakarta, Akuratnews. com – Kepastian pemberlakukan kembali PSBB di DKI Jakarta masih terus dibahas kurun Pemprov DKI dan pemerintah pusat.

Rencananya, hasil rapat terkait kebijakan ini akan diumumkan secara resmi pada Minggu (13/9) pukul 13. 00 WIB.

Hal tersebut disampaikan Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo saat konferensi pers terpaut kondisi terkini RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/9).

“PSBB yang sudah diumumkan Gubernur DKI secara resmi besok akan disampaikan kepada media kira-kira pukul 13. 00 WIB, ” jelas Doni.

“Hasil pertemuan tadi sedang akan dibahas lebih lanjut oleh Pemda DKI, pemerintah pusat diwakili tim pakar Satgas dan perwakilan kementerian/lembaga malam ini sampai nanti pagi, ” imbuh Doni dengan juga Kepala BNPB itu.

Meski serupa itu, Doni pun memastikan rapat terpaut kebijakan PSBB Jakarta akan memanifestasikan kepentingan bersama antara pemerintah sentral dan Pemprov DKI demi keselamatan masyarakat.

“Sehingga pengumuman ke masyarakat kelak ada sebuah kepastian harmonisasi relevansi pusat dan daerah, dan menyesatkan pokok kesehatan masyarakat, kesehatan maka program prioritas dan upaya-upaya pencegahan harus jadi upaya bersama, ” pungkasnya.

Jakarta, seperti yang diumumkan Gubernur Anies, akan kembali menjalankan PSBB secara ketat lantaran mengalami kemajuan kasus positif virus Corona di beberapa waktu belakang ini. Sama penambahan setiap harinya mencapai 800-1. 000 kasus.

Semua perkantoran kecuali 11 sektor diminta kembali menerapkan sistem work from home (WFH) mulai Senin (14/9).

Kemudian, seluruh tempat hiburan dan wisata juga ditutup, tempat makan ataupun restauran wajib menerapkan sistem take away, kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang dilarang, serta ojek online (ojol) kembali dilarang mengangkut pengikut.

Anies serupa mengimbau warga Jakarta tak menyelenggarakan mudik ke kampung halaman semasa PSBB jika tak mendesak.

Bila terpaksa ke luar kota untuk urusan mendesak, warga harus benar-benar dalam kondisi segar. Lalu, disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Selain itu awak Jakarta juga diminta untuk menghindari sosialisasi ke luar rumah ataupun tidak berpergian ke rumah kru atau saudara.

Anies juga mengatakan, orang tua serta anak-anak sebaiknya tetap berada pada rumah.