May 13, 2021

AMDI: Tindakan Teror kepada Pers Sudah Mencederai Demokrasi

AMDI: Tindakan Teror kepada Pers Sudah Mencederai Demokrasi

Jakarta, Akuratnews. com porakporanda Dunia jurnalis kembali berduka, berasaskan tragedi yang menimpanya Demas Laira, wartawan kabardaerah. com di Sulawesi Barat (Sulbar).

Perserikatan Media Digital Indonesia (AMDI) mengikuti berduka cita yang sedalam-dalamnya atas tragedi yang menimpa sahabat kita almarhum Demas Laira, rekan kepala profesi. Semoga amal ibadah Almarhum selama hidup diterima Allah SWT dan Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan perlindungan lantaran Allah SWT.

AMDI mengutuk keras pelaku pembunuhan dengan menimpa jurnalis Demas Laira dengan merupakan wartawan dari Kabardaerah. com.

AMDI berharap kepolisian mengusut tuntas kematian Demas Laira dan segera menangkap para pelaku yang menewaskan rekan kita kuli Kabardaerah. com, serta menghukum pelaku seadil-adilnya.

“Karena kegiatan ini telah mencederai Kemerdekaan Pers serta mengkhianati kehidupan demokrasi pada tanah air” sebut Asosiasi Media Digital Indonesia (AMDI) dalam siaran persnya, Jumat (21/8/2020)

Pembunuhan wartawan merupakan salah utama bentuk pembungkaman terhadap Pers, sambutan terhadap prinsip Negara Hukum.

Apapun itu, seperti intimidasi, doxing, teror, ancaman bahkan sudah sampai menghilangkan nyawa harus menjelma atensi pihak kepolisian dalam menyembunyikan kebebasan pers.

Kegiatan pelaku teror selama ini dinilai telah mencederai Kemerdekaan Pers & mengkhianati kehidupan demokrasi di Negeri Air, untuk itu kami mendesak pihak berwenang agar motif pembunuhan ini harus segera dibongkar, & menangkap pelaku dan otak pelakunya.

AMDI menyarankan pada para pihak bahwa jika berlaku kekeliruan dalam pemberitaan, semestinya bangsa menempuh mekanisme Hak Jawab cocok ketentuan UU Pers 40/1999, bukan melakukan intimidasi. Seandainya belum lega, bisa mengadukan permasalahan ke Sidang Pers.

Semoga dengan peristiwa tersebut tidak terjadi sedang kedepannya, karena dalam bekerja Pers dilindungi Undang-undang Nomor 40 tahun 1999.

Pembunuhan Demas Laira 28 Tahun yang berlaku di Provinsi Sulawesi Barat tepatnya di Mamuju Tengah mengingatkan pesan kepada para jurnalis untuk senantiasa menjaga diri.

Demas yang juga merupakan wartawan kabardaerah. com (Sulbar) ditemukan tidak bernyawa di pinggir jalan Dusun Salu Bijau, Desa Tasokko, Kecamatan Karossa Mateng, Sulbar.