October 22, 2021

Akang Kelana: Terpenting, Usung Paslonkada Cocok Aspirasi Masyarakat

Akang Kelana: Terpenting, Usung Paslonkada Cocok Aspirasi Masyarakat

Sidoarjo, Akuranews. com berantakan Rasa penasaran masyarakat ingin mengetahui paslonkada yang maju laga pilkada Sidoarjo, 9 Desember 2020 kelak, semakin memuncak.

Betapa tidak, mendekati masa pendaftaran paslonkada ke KPU yang dibuka Jumat – Sabtu (4 – 6/9/2020) pekan depan, masyarakat belum serupa mendapatkan kepastian figur-figur paslonkada itu.

Jika diamati, parpol-parpol besar di Sidoarjo terkesan berniat memainkan ‘jurus’ sedemikian rupa. Tercatat, mengulur waktu penentuan paslonkada dengan terlalu mepet dengan masa pendaftaran. Kemungkinan, ‘jurus’ ini, dimaksudkan buat mempersempit ruang gerak parpol lainnya dan bakal calon yang tak terusung.

Nah, melihat ‘jurus’ yang dimainkan parpol-parpol besar itu, bagaimana salah seorang bahan calon Bupati Sidoarjo 2021-2024 sebab PDI-P dan PAN, H. Kelana Aprilianto, akrab disapa Mas Kelana ini menyikapi masalah tersebut? Akuratnews. com membeberkannya sekilas dalam tulisan seri ke-75 ini.

Mas Kelana menuturkan, paslonkada dengan dapat tampil mengikuti laga pilkada, tergantung keputusan elit parpol.

“Soalnya, penentu paslonkada lulus pilkada adalah kewenangan penuh elit parpol, ” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Mas Kelana, dalam memutuskan paslonkada yang diusungnya, elit parpol sepatutnya memperhatikan cita-cita yang berkembang di tengah kelompok.

“Ya, sebaiknya elit parpol mengeluarkan keputusan itu, serasi aspirasi masyarakat. Apabila aspirasi itu diabaikan, siapa yang akan memilihnya nanti? ” ucapnya.

Lalu, mengenai jurus parpol itu, Mas Kelana tak terlalu mempersoalkannya, justru dia menanggapinya enteng.

“Ya, terserah kapan paslonkada yang diusungnya maju pilkada mau diumumkan. Terpenting, keputusan elit parpol itu benar-benar dilandasi aspirasi bangsa, ” pungkas pria yang lumrah sangat dekat dengan masyarakat tersebut. (Bersambung)