October 22, 2021

Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Gaya Hidup Sehat

Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Gaya Hidup Sehat

Jakarta, Akuratnews. com – Kasus pandemi Covid-19 tidak hanya dirasakan masyarakat umum, tapi juga menimpa para jurnalis yang berada di lapangan.

Lebih jauh lagi, wabah Covid-19 juga tidak saja berpengaruh dalam keleluasaan tugas-tugas jurnalistiknya, namun imbasnya juga terasa secara ekonomis.

Terlebih ‘jurnalis mandiri’ yang harus memuliakan medianya dan juga sekaligus menghidupi dirinya sendiri.

Terkait dengan dampak Covid-19 terhadap perintah jurnalistik dan pengaruhnya terhadap wartawan tersebut, satunusantaranews. co. id  menginisiasi kegiatan Ngopi Bareng Jurnalis “Ngopi Asik, Sambil Ngobrol yang Asik”   yang digelar di Gorlion Food Park, Jalan AM Sangaji, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2020).

Sebuah tema yang lulus luas untuk diperbincangkan. Seperti apakah  seharusnya para ‘Jurnalis Mandiri’ beradaptasi dengan kebiasaan baru di era new normal ini?

Atau apakah seorang jurnalis pasti mempertahankan pola-pola lama seperti pra datangnya pandemi tersebut?

Bersama sejumlah wartawan yang tergabung dalam Serikat Wartawan Indonesia (SWI) dan juga Forum Wartawan Per (Forwan) Indonesia, serta para kuli dari sejumlah media yang tampil, persoalan ini dikupas tuntas.

Ngobrol ‘sersan’ (serius tapi santai) ini menjadi sebuah tempat bercengkrama yang ringan dan banal dari para jurnalis  sebagai penyambung   lidah masyarakat dalam menebus informasi yang benar.

Apalagi kehadiran narasumber sebagai referensi tulisan, menjadikan obrolon ini bertambah bermakna untuk disampaikan ke kelompok luas.

Dr Jusuf Kristianto, MM, MHA, MPH, Phd,   Dra Tika Bisono, MPsi; DR. Nurhaidin, SPi, MPi menganjurkan solusi apa yang harus dilakukan seorang jurnalis saat menghadapi tekanan terkait dampak pandemi ini secara mentalitas dan ekonomi.

Ngopi bareng semakin asik zaman Agung Prasetyo Utomo, ST (pengusaha Ayam Geprek Juara) tampil menyampaikan pengalamannya ketika harus mensiasati efek pandemi Covid-19 bagi usahanya.

Dukungan dari segenap pihak terhadap keberlangsungan ‘Jurnalis Mandiri’ tentunya sangat besar seperti dari Korindo, Yummie Café, Jasmine Food House & Galery, Gorlion Food Park, Ropi, Ayam Geprek Juara, Taze, Lavif. co, Ayam Presto Ny. Nida, Warteg Bahagia, Seoul Teokpoki, Soto Seger Boyolali Hj. Benar, RS PGI Cikini, Akademi Pembelaan RS PGI, Poltekkes Kemenkes Jakarta, Akuratnews. com, Selebrita Entertainment, Serikat Wartawan Indonesia dan Forum Wartawan Hiburan (Forwan) Indonesia.